BISNIS COOL
HOUSE
(MIE COOL
& CUP CAKE)
(Diajukan
untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan)
OLEH :
Diah Anitasari 110810201213
Diah Restiningrum 110810201263
Samantha Febrina 110810201268
PRODI
MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
JEMBER
2013
BAB I
PENDAHULUAN
I. EXECUTIVE
SUMMARY
Semakin
berkembangnya zaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka kita
dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan/ skill agar kita mampu
memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. IPK yang tinggi tidak
selamanya bisa sukses dan memperoleh banyak keuntungan dalam berbisnis, karena
IPK sendiri masuk dalam peringkat ke 17 yang menjadi pertimbangan dalam
kesuksesan dalam dunia kerja, dan yang pertama adalah kemampuan berkomunikasi,
kemampuan berkomunikasi ini membutuhkan banyak pengalaman dan banyak
berinteraksi dengan orang lain untuk menambah banyak wawasan dan memperlancar
komunikasi. Namun pada kenyataannya cukup banyak mahasiswa menganggur karena
kurangnya keterampilan berkomunikasi sehingga tidak semua lulusan masuk dalam
dunia kerja yang sukses, serta kurangnya keterampilan mahasiswa dalam menangkap
peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan/ industri
yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan
sehingga menimbulkan banyak pengangguran.
Sebagai manusia
yang pernah duduk dibangku kuliah dan memperoleh ilmu mengenai kewirausahaan
maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara
menciptakan lapangan kerja untuk sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan
hidup sebagai seorang manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas,
kelompok kami yang merupakan seorang mahasiswa berniat mendirikan dan
menjalankan usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan dan minuman yaitu
bisnis cool house (mie cool & cup cake).
Peluang
membuka bisnis es campur yang di beri nama “cool house(mie cool & cup
cake)” ini sendiri masih sangat terbuka, karena usaha ini merupakan inovasi
dari es campur, yang bentuknya unik dan juga rasa yang lezat. Semua orang
menyukai es campur, bahkan es campur yang akan kami sajikan ini sehat dan tanpa
menggunakan pemanis serta pewarna makanan buatan.
Hal-hal yang
membedakan antara usaha yang ditawarkan oleh Cool House dengan usaha makanan
dan minuman lainnya adalah :
1.
Produk dari
Cool House sendiri yang unik dan berbeda yaitu Mie Cool ( es campur yang berbahan baku jelly yang
menyerupai dan dibentuk seperti mie, lalu dicampur dengan nata d coco, aneka
jenis buah- buahan serta topping yang menarik ) dan cup cake yang lezat dan
bergizi, sangat cocok di konsumsi oleh orang yang sedang diet, karena cup cake
ini rendah lemak.
2.
Layanan
konsumen yang prima, memberikan sapaan dan senyuman kepada konsumen yang
datang, sehingga konsumen merasa tersanjung dan tidak pindah kelainnya.
3.
Metode
pemasaran yang unik yaitu menggunakan stempel tiap kali membeli produk dari
usaha kami, dan stempel tersebut dapat ditukar dengan 1 porsi produk kami
dengan syarat-syarat yang telah ada.
4.
Desain
dari mobil yang kami gunakan dalam kegiatan operasional sangat unik, mobil di
desain dengan atap yang menyerupai atap rumah dan berhiaskan cup cake besar,
serta badan mobil yang terbuat dari kaca etalase yang membuat cup cake telihat
lebih menarik dan untuk mie cool sendiri di kemas dengan cup yang menarik dan
desain cup nya yang memberikan nuansa kesegaran dan dingin yang menjadi ciri
khas dari kata cool sendiri.
II. BISNIS
a.
Konsep
Bisnis
Nama Usaha yang akan didirikan diberi
nama “COOL HOUSE (Mie Cool dan Cup Cake)” dengan beranggotakan 3 orang yang
nantinya setelah bisnis ini sukses, akan kami kembangkan selanjutnya dengan
membuka cabang diberbagai tempat.
Hampir semua orang suka minum es
campur. Akan tetapi, es campur yang dijual oleh para pedagang kaki lima di kota
jember memiliki banyak kesamaan dengan es campur pedagang kaki lima yang lain
yang dapat diteliti dari segi rasa, model, cara pembuatan, bahkan resep
yang sama. Disamping itu, jumlah penduduk kota jember di sekitar daerah kampus
yang semakin betambah banyaknya. Kemudian dalam membuat tidak memerlukan biaya
yang terlalu tinggi sehingga memungkinkan bisnis tersebut bisa dijalankan. Maka
dari itu, es campur yang akan diproduksi seharusnya memiliki perbedaan dan
memiliki ciri yang khas.
Keunggulan usaha cool house dengan usaha es campur
lainnya :
1. Bentuk dari es campur “mie cool” yang membuat es ini
berbeda dengan es campur lainnya, karena bahan pembuatannya sendiri terdiri
dari jelly yang dibentuk seperti mie, nata de coco, leci dan semangka serta
melon yang dibentuk bulat-bulat.
2. Tidak memakai pemanis buatan, disini untuk pemanis
kita memakai sari buah nanas.
3. Penyajiannya lebih kreatif dari es campur lainnya.
4. Komposisi dari tiap porsi mie cool lebih berwarna.
5. Produknya yang berkualitas tinggi, bahan bahannya
terbuat dari buah-buahan pilihan yang enak-enak.
6. Layanan konsumen yang prima, melayani konsumen dengan
senyuman dan keramahan.
7. Metode pemasaran yang unik, dengan memberikan stempel
setiap kali berkunjung.
b.
Produk yang
ditawarkan
1.
Menu
Mie Cool
Lesehan
ini menawarkan es campur dengan nama produk mie cool yang berbahan baku jelly
yang menyerupai dan dibentuk seperti mi, nata d coco, aneka jenis buah- buahan
serta topping yang menarik. Menu ini disajikan dengan
2.
Menu
Cupcake
Yang
menjadi keistimewaan cupcake di cool hause adalah selain cupcake yang imut dan
cantik cantik karena topping yang indah juga memiliki rasa gurih serta memiliki
tekstur yang ringan di lidah serta tidak terlalu berminyak karena cupcake ini dibuat
dari tepung gandum ksehingga rendah kalori/ low fat sehingga para konsumen
tidak perlu khawatir untuk memakan makan enak. Menu ini cocok sekali dengan
kaum remaja yang sangat peduli dengan kesehatan.
c.
Harga
Harga yang ditawarkan oleh Cool
House adalah:
Mie Cool Rp 5.000,00
Cupcake Rp 7.000,00
Harga yang ditawarkan relatif
bersaing dengan harga pasaran dari es campur sendiri yang berkisar antara
5000an, dan harga cup cake yang murah hanya 7.000 saja.
d.
Desain Usaha
Cool house menggunakan mobil bekas sebagai gerai yang
dihias sedemikian rupa sehingga tampil menarik dan memikat para konsumen dengan
konsep young dan modern tapi tetap tampil sweet sehingga cocok untuk tempat
nongkrong anak muda
e.
Rencana
Lokasi Usaha
1.
Rencana
lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memeuhi syarat sebagai
berikut :
·
Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah
Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
·
Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di daerah kampus dan perkantoran.
·
Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
2.
Lokasi yang
kami prioritaskan adalah didaerah kampus, dengan pertimbangan sebagai berikut :
·
Lokasi dekat dengan beberapa perguruan tinggi dan sekitar lokasi terdapat
beberapa sekolah.
·
Di pasar tersebut memungkinkan semua kalangan masyarakat dapat bekunjung.
III. PASAR
a.
Strategi
pemasaran yang kami gunakan adalah :
· Strategi Harga : Strategi
harga dilakukan berdasarkan harga perolehan dengan mempertimbangkan harga
pasaran dari es campur, harga yang ditetapkan adalah berdasarkan harga
perolehan dengan mempertimbangkan harga pasar dengan tetap menjaga kualitas
usaha (cita rasa, ciri khas, dan pelayanan yang sebaik mungkin), dengan kata
lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.
· Strategi Promosi : Promosi
penjualan yang bisa dilakukan adalah penyebaran brosur usaha, promosi
dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan menyebarkan
kupon diskon untuk teman terdekat atau penduduk terdekat secara terbatas.
Setiap pelanggan yang membeli mie cool dan cup cake
akan mendapatkan bonus 1 paket mie cool dan cup cake gratis bila sudah 5 kali
berkunjung dengan menunjukkan stempel pembelian sebelumnya . Ini adalah salah
satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
-
Strategi
Bisnis :
ü Mempelajari pesaing, ambil hal-hal yang baik dari
mereka.
ü Memilih tempat usaha yang lebih strategis, nyaman dan
ramai.
ü Melakukan modifikasi penyajian dan rasa.
Analisis
SWOT:
1.
Strength :
a. Sedikit
pesaing.
b. Modal
untuk memulai usaha kecil.
c. Respon
masyarakat daerah kampus yang positif terhadap makanan dan minuman.
e. Ciri khas
dari mie cool dan cup cake yang menarik perhatian masyarakat.
2.
Weekness :
a. Usaha
terbilang baru.
b. Belum
dikenal.
c.
Jumlah tenaga terbatas.
3.
Opportunity:
a. Dapat
dengan mudah memasuki target pasar, karena sedikit pesaing.
b. Gemarnya
masyarakat daerah kampus dalam membeli minuman.
c. Harga
yang murah.
4.
Threath :
a.
Timbul usaha yang sejenis.
b. Jaringan
usaha yang belum luas.
c. Rasa mie
cool dan cup cake yang tidak enak dimakan karena salah racikan dalam pembuatan.
IV.
PELANGGAN
Target
pelanggan Cool House yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari
tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas.
V.
PERSAINGAN
Persaingan
terutama berkaitan dengan kualitas produk, pelayanan, pengenalan akan nama
merek da lokasi usaha.
VI. PROYEKSI
KEUANGAN
A.
Modal Awal
Peralatan:
Dekor mobil
Rp 500.000,00
Etalase
Rp 1.500.000,00
Meja dan
karpet
Rp 500.000,00
Peralatan
operasional
Rp
1.000.000,00
Peralatan
makan
Rp
700.000,00
Papan
nama
Rp
300.000,00
Freezer Rp
1.000.000,00 +
Jumlah
Rp
5.500.000,00
Peralatan
yang mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar
Rp 1.500,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan
per tahun = (Rp 5.500.000,00 – Rp 1.500,00)/4 = Rp 1.374.600,00 per tahun atau
sama dengan Rp 114.500,00 per bulan.
B.
Perkiraan
penjualan per bulan
Asumsi per
hari terjual :
25 porsi mie
cool x Rp. 5.000 x 30 hari = Rp.
3.750.000
30 porsi cup
cake × Rp. 7.000 × 30 hari = Rp. 6.300.000
Jumlah Rp.
10.050.000
C.
Gaji
Gaji tetap untuk kami bertiga adalah @250.000 per bulan , dan ditambah
dengan pembagian keuntungan yang akan diperoleh pada bulan itu.
Biaya-biaya:
Penyusutan
peralatan
Rp 114.500,00
Bahan baku
(Rp 265.000,00 × 30 hari) Rp
7.950.000,00
Upah
Rp 750.000,00
Listrik,
air, dan
gas
Rp 230.000,00
Biaya
lain-lain
Rp 50.000,00
+
Jumlah
Rp
9.094.500,00
Laba bersih
per bulan
Penjualan –
biaya-biaya = laba bersih
Rp 10.050.000,00
– Rp 9.094.500,00 = Rp 955.500,00
Perkiraan
modal kembali (Pay Back Periode)
Modal awal ÷
Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan)
Rp
5.500.000,00 ÷ Rp 955.500,00 = ± 5,8 bulan
Jadi modal
akan kembali sekitar 5,8 bulan
VII.
LAMPIRAN
Gambaran
Tentang Produk
1. Produk Mie Cool
Price : Rp. 5000
2.
Cup Cake
Price : Rp. 7000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar