Jumat, 20 Desember 2013

Peluang Bisnis Baru







BISNIS COOL HOUSE
(MIE COOL & CUP CAKE)

(Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan)







OLEH :
Diah Anitasari                          110810201213
Diah Restiningrum                   110810201263
Samantha Febrina                    110810201268








PRODI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS JEMBER
2013


BAB I
PENDAHULUAN

I. EXECUTIVE SUMMARY
Semakin berkembangnya zaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan/ skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. IPK yang tinggi tidak selamanya bisa sukses dan memperoleh banyak keuntungan dalam berbisnis, karena IPK sendiri masuk dalam peringkat ke 17 yang menjadi pertimbangan dalam kesuksesan dalam dunia kerja, dan yang pertama adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan berkomunikasi ini membutuhkan banyak pengalaman dan banyak berinteraksi dengan orang lain untuk menambah banyak wawasan dan memperlancar komunikasi. Namun pada kenyataannya cukup banyak mahasiswa menganggur karena kurangnya keterampilan berkomunikasi sehingga tidak semua lulusan masuk dalam dunia kerja yang sukses, serta kurangnya keterampilan mahasiswa dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan/ industri yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran.
Sebagai manusia yang pernah duduk dibangku kuliah dan memperoleh ilmu mengenai kewirausahaan maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, kelompok kami yang merupakan seorang mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan dan minuman yaitu bisnis cool house (mie cool & cup cake).
Peluang membuka bisnis es campur yang di beri nama “cool house(mie cool & cup cake)” ini sendiri masih sangat terbuka, karena usaha ini merupakan inovasi dari es campur, yang bentuknya unik dan juga rasa yang lezat. Semua orang menyukai es campur, bahkan es campur yang akan kami sajikan ini sehat dan tanpa menggunakan pemanis serta pewarna makanan buatan.
Hal-hal yang membedakan antara usaha yang ditawarkan oleh Cool House dengan usaha makanan dan minuman lainnya adalah :
1.      Produk dari Cool House sendiri yang unik dan berbeda yaitu Mie Cool ( es campur yang berbahan baku jelly yang menyerupai dan dibentuk seperti mie, lalu dicampur dengan nata d coco, aneka jenis buah- buahan serta topping yang menarik ) dan cup cake yang lezat dan bergizi, sangat cocok di konsumsi oleh orang yang sedang diet, karena cup cake ini rendah lemak.
2.      Layanan konsumen yang prima, memberikan sapaan dan senyuman kepada konsumen yang datang, sehingga konsumen merasa tersanjung dan tidak pindah kelainnya.
3.      Metode pemasaran yang unik yaitu menggunakan stempel tiap kali membeli produk dari usaha kami, dan stempel tersebut dapat ditukar dengan 1 porsi produk kami dengan syarat-syarat yang telah ada.
4.      Desain dari mobil yang kami gunakan dalam kegiatan operasional sangat unik, mobil di desain dengan atap yang menyerupai atap rumah dan berhiaskan cup cake besar, serta badan mobil yang terbuat dari kaca etalase yang membuat cup cake telihat lebih menarik dan untuk mie cool sendiri di kemas dengan cup yang menarik dan desain cup nya yang memberikan nuansa kesegaran dan dingin yang menjadi ciri khas dari kata cool sendiri.

II. BISNIS
a.       Konsep Bisnis
Nama Usaha yang akan didirikan diberi nama “COOL HOUSE (Mie Cool dan Cup Cake)” dengan beranggotakan 3 orang yang nantinya setelah bisnis ini sukses, akan kami kembangkan selanjutnya dengan membuka cabang diberbagai tempat.
Hampir semua orang suka minum es campur. Akan tetapi, es campur yang dijual oleh para pedagang kaki lima di kota jember memiliki banyak kesamaan dengan es campur pedagang kaki lima yang lain yang dapat diteliti dari segi  rasa, model, cara pembuatan, bahkan resep yang sama. Disamping itu, jumlah penduduk kota jember di sekitar daerah kampus yang semakin betambah banyaknya. Kemudian dalam membuat tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi sehingga memungkinkan bisnis tersebut bisa dijalankan. Maka dari itu, es campur yang akan diproduksi seharusnya memiliki perbedaan dan memiliki ciri yang khas.
Keunggulan usaha cool house dengan usaha es campur lainnya :
1.      Bentuk dari es campur “mie cool” yang membuat es ini berbeda dengan es campur lainnya, karena bahan pembuatannya sendiri terdiri dari jelly yang dibentuk seperti mie, nata de coco, leci dan semangka serta melon yang dibentuk bulat-bulat.
2.      Tidak memakai pemanis buatan, disini untuk pemanis kita memakai sari buah nanas.
3.      Penyajiannya lebih kreatif dari es campur lainnya.
4.      Komposisi dari tiap porsi mie cool lebih berwarna.
5.      Produknya yang berkualitas tinggi, bahan bahannya terbuat dari buah-buahan pilihan yang enak-enak.
6.      Layanan konsumen yang prima, melayani konsumen dengan senyuman dan keramahan.
7.      Metode pemasaran yang unik, dengan memberikan stempel setiap kali berkunjung.

b.      Produk yang ditawarkan
1.      Menu Mie Cool
Lesehan ini menawarkan es campur dengan nama produk mie cool yang berbahan baku jelly yang menyerupai dan dibentuk seperti mi, nata d coco, aneka jenis buah- buahan serta topping yang menarik. Menu ini disajikan dengan
2.      Menu Cupcake
Yang menjadi keistimewaan cupcake di cool hause adalah selain cupcake yang imut dan cantik cantik karena topping yang indah juga memiliki rasa gurih serta memiliki tekstur yang ringan di lidah serta tidak terlalu berminyak karena cupcake ini dibuat dari tepung gandum ksehingga rendah kalori/ low fat sehingga para konsumen tidak perlu khawatir untuk memakan makan enak. Menu ini cocok sekali dengan kaum remaja yang sangat peduli dengan kesehatan.

c.       Harga
Harga yang ditawarkan oleh Cool House adalah:
Mie Cool                      Rp 5.000,00
Cupcake                      Rp 7.000,00
Harga yang ditawarkan relatif bersaing dengan harga pasaran dari es campur sendiri yang berkisar antara 5000an, dan harga cup cake yang murah hanya 7.000 saja.

d.      Desain Usaha
Cool house menggunakan mobil bekas sebagai gerai yang dihias sedemikian rupa sehingga tampil menarik dan memikat para konsumen dengan konsep young dan modern tapi tetap tampil sweet sehingga cocok untuk tempat nongkrong anak muda

e.       Rencana Lokasi Usaha
1.         Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memeuhi syarat sebagai berikut :
·      Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
·      Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di daerah kampus dan perkantoran.
·      Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
2.         Lokasi yang kami prioritaskan adalah didaerah kampus, dengan pertimbangan sebagai berikut :
·      Lokasi dekat dengan beberapa perguruan tinggi  dan sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah.
·      Di pasar tersebut memungkinkan semua kalangan masyarakat dapat bekunjung.

III. PASAR
a.       Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah :
·      Strategi Harga : Strategi harga dilakukan berdasarkan harga perolehan dengan mempertimbangkan harga pasaran dari es campur, harga yang ditetapkan adalah berdasarkan harga perolehan dengan mempertimbangkan harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (cita rasa, ciri khas, dan pelayanan yang sebaik mungkin), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.
·      Strategi Promosi : Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan menyebarkan kupon diskon untuk teman terdekat atau penduduk terdekat secara terbatas.
Setiap pelanggan yang membeli mie cool dan cup cake akan mendapatkan bonus 1 paket mie cool dan cup cake gratis bila sudah 5 kali berkunjung dengan menunjukkan stempel pembelian sebelumnya . Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
-          Strategi Bisnis :
ü  Mempelajari pesaing, ambil hal-hal yang baik dari mereka.
ü  Memilih tempat usaha yang lebih strategis, nyaman dan ramai.
ü  Melakukan modifikasi penyajian dan rasa.

Analisis SWOT:
1. Strength        :
a. Sedikit pesaing.
b. Modal untuk memulai usaha kecil.
c. Respon masyarakat daerah kampus yang positif terhadap makanan dan minuman.
e. Ciri khas dari mie cool dan cup cake yang menarik perhatian masyarakat.
2. Weekness    :
a. Usaha terbilang baru.
b. Belum dikenal.
c.  Jumlah tenaga terbatas.
3. Opportunity:
a. Dapat dengan mudah memasuki target pasar, karena sedikit pesaing.
b. Gemarnya masyarakat daerah kampus dalam membeli minuman.
c. Harga yang murah.
4. Threath        :
a.  Timbul usaha yang sejenis.
b. Jaringan usaha yang belum luas.
c. Rasa mie cool dan cup cake yang tidak enak dimakan karena salah racikan dalam pembuatan.
IV. PELANGGAN
Target pelanggan Cool House yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas.

V. PERSAINGAN
Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, pelayanan, pengenalan akan nama merek da lokasi usaha.

VI. PROYEKSI KEUANGAN
A.     Modal Awal
Peralatan:
Dekor mobil                                                         Rp           500.000,00
Etalase                                                                 Rp         1.500.000,00
Meja dan karpet                                                   Rp           500.000,00
Peralatan operasional                                           Rp        1.000.000,00
Peralatan makan                                                  Rp           700.000,00
Papan nama                                                          Rp           300.000,00
Freezer                                                                  Rp       1.000.000,00 +
Jumlah                                                                  Rp        5.500.000,00

Peralatan yang mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.500,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 5.500.000,00 – Rp 1.500,00)/4 = Rp 1.374.600,00 per tahun atau sama dengan Rp 114.500,00 per bulan.

B.     Perkiraan penjualan per bulan
Asumsi per hari terjual :
25 porsi mie cool x Rp. 5.000 x 30 hari =                   Rp. 3.750.000
30 porsi cup cake × Rp. 7.000  × 30 hari =                  Rp. 6.300.000
Jumlah                                     Rp. 10.050.000
C.     Gaji
Gaji tetap untuk kami bertiga adalah @250.000 per bulan , dan ditambah dengan pembagian keuntungan yang akan diperoleh pada bulan itu.

Biaya-biaya:
Penyusutan peralatan                                      Rp         114.500,00
Bahan baku (Rp 265.000,00 × 30 hari)          Rp      7.950.000,00
Upah                                                               Rp         750.000,00
Listrik, air, dan gas                                         Rp         230.000,00
Biaya lain-lain                                                 Rp           50.000,00 +
Jumlah                                                              Rp      9.094.500,00

Laba bersih per bulan
Penjualan – biaya-biaya = laba bersih
Rp 10.050.000,00 – Rp 9.094.500,00  = Rp 955.500,00

Perkiraan modal kembali (Pay Back Periode)
Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan)
Rp 5.500.000,00 ÷ Rp 955.500,00 = ± 5,8 bulan
Jadi modal akan kembali sekitar 5,8 bulan



VII. LAMPIRAN
Gambaran Tentang Produk
1.      Produk Mie Cool
162947_1421673116510_1673169480_836006_3152842_n.jpg
Price : Rp. 5000
2.      Cup Cake
cup-cake.jpg
Price : Rp. 7000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar